Asas cabotage dipertahankan di UU Membuat Kerja, ini kata INSA

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID semrawut JAKARTA . Pemerintah telah resmi menerbitkan Undang-Undang Nomor 11 tarikh 2020 tentang Cipta Kerja. Dalam Undang-Undang tersebut, Undang-Undang nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran menjadi salah satu aturan yang ikut mengalami perubahan.

Meski terdapat beberapa perubahan dalam aturan ini, tetapi Indonesia National Shipowners Association (INSA) mengaku senang asas cabotage lestari dipertahankan.

“Itu artinya, pemerintah dan parlemen kita sangat menyadari pentingnya asas cabotage dalam menjaga kedaulatan laut kita, ” ujar Kepala Umum INSA Carmelita Hartoto kepada Kontan, pekan lalu (4/11).

Mengenai, asas cabotage merupakan hak istimewa kegiatan angkutan barang dan orang dalam negeri oleh perusahaan angkutan laut nasional.

Membaca Juga: Kinerja pasti di kuartal ketiga, begini rekomendasi saham-saham pelayaran

Dalam pasal UU 17 tahun 2008 pasal 8 ayat satu disebutkan bahwa kegiatan angkutan laut dalam negeri dilakukan oleh kongsi angkutan laut nasional dengan menggunakan kapal berbendera Indonesia serta diawaki oleh Awak Kapal berkewarganegaraan Indonesia.

Menurut Carmelita, adanya asas cabotage ini tidak berarti menutup seluruh investasi asing. Menurutnya, asing lestari bisa berinvestasi dengan komposisi saham maksimal 49%, sedangkan 51% sisanya adalah Indonesia. Menurutnya, komposisi itu pun sudah sangat ideal.

“Berbeda dengan industri manufaktur atau infrastruktur, investasi asing pada pelayaran hanya memindahkan asset kapal yang sewaktu-waktu bisa ditarik lagi ke luar negeri bila sudah tidak menguntungkan. Jadi tidak punya nilai tambahan, ” jelasnya.

Membaca Juga: Liberalisasi Sektor Pelayaran Berpotensi Terjadi di Nusantara

Lebih sendat, Carmelita menjelaskan berinvestasi di zona pelayaran masih sangat menarik. Pasalnya, Indonesia merupakan kepulauan terbesar & pelayaran merupakan backbone distribusi logistik Negeri.

“Jadi selama air bahar tidak surut, maka investasi serta bisnis di sektor pelayaran akan tetap ada dan menarik buat investor dalam negeri, ” ujarnya.

DONASI, Sanggup Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
BUNTUT CIPTA KERJA

gong9deng –>