BCA kucurkan pinjaman Rp 1 triliun kepada Bank QNB

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) balik memberikan pinjaman kepada bank asing, kali ini PT Bank QNB Indonesia Tbk (BKSW) yang menerima pinjaman sebesar Rp 1 triliun pada Rabu (3/6).  

“Perusahaan telah menerima pinjaman dari BCA dengan nilai sebesar Rp 1 triliun dengan tenor satu tarikh, ” kata Direktur Bank QNB Windiartono Tabingin dalam keterangannya pada Bursa Efek Indonesia yang dikutip Kontan. co. id, Jumat (5/6).

Lebih lanjut, Windiartono bilang, pinjaman yang berasal dari BCA tersebut bakal digunakan untuk menopang kesibukan usaha perusahaan sekaligus memperkuat nalar likuiditas Bank QNB.

Baca Juga: Tak semua bank bisa pinjam likuiditas ke bank jangkar, ini kata pendahuluan OJK

Sebelumnya BCA juga telah mengucurkan pinjaman serupa kepada PT Bank Woori Saudara 1906 Tk (SDRA) senilai Rp 2 triliun. Direktur Business Support Bank Woori Sadhana Priatmadja menyebut, fasilitas pinjaman tersebut bahan digunakan untuk menopang kinerja perseroan sekaligus mendongkrak likuiditas.

Sebab, kiranya melalui pasar uang antar bank (PUAB) Sadhana bilang fasilitas revolving loan punya dampak yang lebih tinggi mengerek net stable funding ratio (NSFR).

“Jika melalui PUAB, efek pada NSFR tidak besar. Pinjaman itu memang diniatkan untuk memenuhi NSFR kami, ” katanya kepada Kontan. co. id.

Sepanjang 2020 NSFR perusahaan memang sedikit tergerus, per Maret 2020 sebesar 104, 57%, sedangkan akhir tahun lalu berharta pada level 107, 11%. Penurunan terjadi akibat meningkatnya biaya dana pada tahun lalu.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Pertolongan Anda akan menambah semangat awak untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai sumbangan yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong15deng –>
BISNIS PERBANKAN

gong15deng –>