Cahayaputra (CAKK) rugi Rp 5, tujuh miliar di kuartal II, ini penyebabnya

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) mengagendakan kerugian bersih di kuartal II 2020 senilai Rp 5, 7 miliar, hal ini juga diiringi penurunan signifikan pendapatan bersihnya hingga 36, 9% year on year (yoy) menjadi Rp 94, 44 miliar.

Direktur Cahayaputra Asa Keramik, Juli Berliana Posman menjelaskan, penurunan pemasaran yang terjadi di kuartal II 2020 dipicu oleh kondisi Pemisahan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan diterapkan pemerintah dalam rangka pengendalian atas penyebaran virus Covid-19.

Pokok tahu saja, akibat PSBB pabrik CAKK di Karawang dan Jawa Barat sempat terhenti sejak April 2020 karena mengikuti anjuran lantaran pemerintah daerah setempat dan menurunnya permintaan keramik.

Namun demikian, Juli menyatakan CAKK sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk memperbaiki kinerja dengan tercatat turun di kuartal II 2020.

Baca Selalu: Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) bukukan rugi bersih Rp 5, 7 miliar di kuartal II

Lengah satunya menjalankan mesin baru buat menunjang produksi dengan kapasitas tujuh juta meter persegi/tahun pada Agustus 2020 mendatang.

“Di sisi lain CAKK juga akan meningkatkan keefisienan di biaya energi yang diharapkan akan meningkatkan laba pada semester kedua tahun 2020, ” prawacana Juli kepada Kontan. co. id, Senin (27/7).

Juli mengungkapkan ditambahnya kapasitas pabrik karena melihat suruhan keramik CAKK di Jawa masih cukup baik ditambah distribusi juga cukup lancar.  

Adapun tahun ini Cahayaputra Asa Keramik bakal fokus untuk penjualan ritel, namun untuk penjualan untuk proyek sudah mulai dirintis tahun ini.

Juli berharap permintaan untuk proyek mau meningkat terus di tahun berikutnya.

Pada paparan publik (15/7), Juli memproyeksikan penjualan CAKK sampai tutup tahun akan merosot hingga 20% yoy atau sebesar Rp 233 miliar.

DONASI, Sanggup Voucer Gratis!
Dukungan Anda hendak menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan berguna.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong15deng –>
EMITEN

gong15deng –>