Corona di Belitung: Sempat zona muda, kini muncul tiga kasus gres

Sumber: Kompas. com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Status zona hijau yang disandang Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, tidak bertahan lama.  

Di dalam hitungan jam setelah seluruh anak obat positif Covid-19 dinyatakan sembuh, ternyata muncul kasus positif baru dengan melibatkan tiga pasien sekaligus.  

Ketiganya disebut pasien 921, anak obat 923 dan 931. “Pasien 921 dan 923 memiliki riwayat perjalanan ke Banglades, ” ujar Eksekutif RSUD Marsidi Judono Hendra dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/5).  

Baca Juga: Presiden Jokowi salat Id di Istana Bogor bersama suku dan pegawai istana

Sedangkan, pasien 931 sudah mengikuti pelatihan di Jawa Barat dan sering berbelanja ke pasar. Hendra menuturkan, ketiga pasien saat ini menjalani perawatan isolasi di RSUD Marsidi Judono.  

Pasien dalam kondisi stabil dan tidak menunjukkan gejala klinis terkait Covid-19.   Pemeriksaan sampel tenggorokan ( swab ) dilakukan secara sistem tes  cepat molekular (TCM) metode real time PCR yang ada di RSUD Marsidi Judono.  

Sebenarnya, rumah sakit melakukan penjagaan terhadap empat pasien. Namun, hanya tiga yang memperlihatkan hasil meyakinkan dan satu hasilnya negatif.  

Terkait kasus tersebut, Tim Gabungan Tugas Belitung mengimbau masyarakat yang pernah berinteraksi dalam satu ruangan atau dalam satu angkutan pemindahan dengan pasien agar segera memeriksakan diri.  

Menangkap Juga: Kenang bulan Ramadhan, Sri Mulyani: Kita lewati dengan momen tidak biasa

“Untuk pencegahan, awak juga mengimbau agar tetap physical distancing , menggunakan masker dan menghindari kerumunan, ” ucap Hendra.  

Dengan adanya tiga kasus baru tersebut, maka tercatat sebanyak delapan pasien positif Covid-19 di Belitung. Sebanyak lima di antaranya telah dinyatakan sehat. ( Heru Dahnur )

Artikel ini telah tayang di Kompas. com dengan tajuk “Zona Hijau Belitung Tak Menetap Lama, Ada Klaster Corona daripada Bangladesh”.


–> Video Pilihan

–>

–>
VIRUS CORONA

–>

You May Also Like