Daftar rumah sakit, klinik, lab yang patuh layani tes PCR Swab dengan tarif termahal Rp 900 ribu

Daftar rumah sakit, klinik, lab yang patuh layani tes PCR Swab dengan tarif termahal Rp 900 ribu

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah menetapkan batas atas tarif tes polymerase chain reaction (PCR) swab yakni Rp 900 ribu. Namun, masih banyak kita jumpai rumah sakit, atau kilinik yang memberikan layanan tes PCR swab secara mandiri dengan harga melebihi batas Kemenkes.

Tes PCR swab diyakini masih menjadi metode tes dengan hasil maksimal atas paparan virus corona atau Covid-19.

Padahal, lewat Surat Edaran nomor HK02.02/I/3713/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real-time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang  keluar 5 Oktober,  Kementerian Kesehatan menetapkan batas atas tarif  PCR atau swab test maksimal Rp 900 ribu.

Satgas Penanganan Covid-19 bahkan juga sudah meminta masyarakat untuk melaporkan fasilitas kesehatan, yang mengenakan tarif tes usap mandiri atau swab test di atas standar maksimal harga yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga: Banyak rumahsakit sediakan swab test drive thru, simak daftar dan biayanya

Dari penelusuran KONTAN, sudah banyak rumahsakit dan fasilitas kesehatan yang sejatinya melayani tes swab dengan tarif Rp 900 ribu, sesuai dengan tarif maksimal yang ditentukan oleh masyarakat.  

Meski begitu, tak sedikit rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang menetapkan syarat dan ketentuan berlaku atas tes PCR swab dengan tarif makasimal Rp 900 ribu. 

Ini artinya, tarif tes swab dengan harga Rp 900 ribu bisa dilakukan sepanjang memenuhi syarat.  Umumnya: syarat terkait hasil tes yang bisa diterima masyarakat yang melakukan swab mandiri. Jika masyarakat menginginkan hasil cepat, tarif tes PCR swab mahal, di atas batas atas pemerintah.

Semakin cepat hasil tes atas paparan corona diterima konsumen, tarif yang dikenakan rumah sakit  atau fasilitas kesehatan yang melayani PCR swab mahal.

Tak cuma itu saja, tarif atas tes PCR swab menjadi kian mahal jika konsumen meminta perlakukan khusus misalnya layanan home servis alias tes di rumah. 

Tapi jika Anda ingin melakukan tes PCR swab dengan tarif sesuai atau bahkan di bawah tarif yang ditetapkan pemerintah, berikut daftar rumahsakit yang melayani tes PCR swab dengan tarif maksimal Rp 900 ribu:

Editor: Titis Nurdiana