Keadaan ini cair, begini komponen THR yang bakal diterima ASN

Sumber: Kompas. com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Tunjangan hari raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri cair pada hari tersebut (15/5). Tetapi tak seperti biasanya, pemberian THR tahun ini tak berlaku bagi seluruh pegawai negeri.  

Tahun ini, PNS yang mendapatkan THR adalah semua pemangku dan anggota TNI/Polri, hakim, dan hakim agung yang setara secara jabatan eselon III.  

Sementara, bagi pegawai eselon I serta II, pejabat daerah, pejabat negeri, presiden, menteri, DPR RI, hingga DPD dipastikan tidak akan mendapatkan THR.  

Menangkap Juga: Ini 5 kementerian/lembaga yang anggarannya ditambah menyesatkan banyak tahun 2021

Anggaran THR yang tidak diberikan tersebut dialihkan untuk pengerjaan wabah Covid-19. Pemerintah mengalokasikan biaya sebesar Rp 29, 382 triliun untuk pemberian THR abdi negara tahun ini.  

Besaran THR tahun ini bagi ASN, TNI, dan Polri juga akan bertentangan dengan tahun sebelumnya. THR yang akan diberikan meliputi gaji pokok dan tunjangan yang melekat, secara tunjangan kinerja tidak dimasukkan di dalam komponen THR 2020.  

Tengah, bagi pensiunan, akan mendapatkan bagian THR seperti tahun lalu yaitu, pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan.  

Tumpuan tambahan penghasilan merupakan tambahan penghasilan bagi penerima pensiun yang sebab perubahan pensiun pokok baru tak mengalami kenaikan penghasilan, mengalami kemerosotan penghasilan, atau mengalami kenaikan penghasilan tapi kurang dari empat komisi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.  

Pembayaran THR dilaksanakan secara berbenturan, baik bagi PNS, TNI, & Polri.  

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Rahayu Puspasari mengatakan, bagi PNS, TNI, dan Polri akan ditransfer langsung ke rekening masing-masing.  

“Jadi kalau PNS, TNI, & Polri maka begitu SP2D tersebut diterbitkan, itu langsung ditransfer ke rekening, ” kata Puspa kepada Kompas. com, Kamis (14/5).  

Sementara, bagi para pensiunan dilewatkan melalui PT Taspen (Persero), PT Asabri (Persero), atau kantor congkong.  

Baca Serupa: Berkah Ramadan, besok Taspen cairkan THR pensiunan PNS dan TNI/Polri, ini besarannya

Pensiunan yang memiliki rekening akan ditransfer pada keadaan yang serupa. Namun, yang mengambil THR melalui kantor pos mungkin membutuhkan waktu tambahan.  

“Kalau mencuaikan PT Taspen atau PT Asabri nanti ditransfer juga di hari yang sama ke rekening penerima. Tapi kalau kantor pos, kan akan dibayarkan tunai. Kalau tunai tergantung kondisinya, kalau di remote area kemaluan waktu untuk mengantarkan itu, ” ujar Puspa.  

“Tapi by rule besok (15 Mei 2020) harus terima semua, kecuali tadi yang di remote daerah. Itu mampu jadi ada leg time -nya, ” lanjut Puspa. ( Mela Arnani )

Artikel ini sudah tayang di Kompas. com dengan judul “Cair Hari Ini, Barang apa Saja Komponen THR yang Diterima PNS? “.

PEMBERIAN, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Kamu akan menambah semangat kami buat menyajikan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai pepatah terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi dengan bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong15deng –>
TUNJANGAN HARI SUNDAL

gong15deng –>