Kemenparekraf mengajak pelaku ekonomi kreatif menggunakan program PEN

Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kaya mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19 untuk memanfaatkan program Perbaikan Ekonomi Nasional (PEN).

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf, Hanifah Makarim, membaca peluncuran program PEN adalah wujud respons pemerintah untuk memulihkan iklim perekonomian Indonesia saat ini yang terdampak pandemi COVID-19.

“Kondisi perekonomian saat ini perlu dipulihkan, & rasanya tidak ada negara manapun yang siap dengan kondisi COVID-19 ini. Namun kita tetap harus berusaha untuk bisa terus _survive_ dengan usaha kita masing-masing. Oleh karena itu, salah satu dengan dilakukan pemerintah adalah program PENA dengan dana yang telah dikucurkan sebesar Rp 695, 2 triliun, ” ungkap Hanifah dalam bukti yang diterima KONTAN, Jumat (11/9).

Baca Juga: Defisit anggaran tahun 2021 membengkak menjadi 5, 7%

Tujuan program PENA adalah untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi para karakter usaha dalam menjalankan bisnisnya. Pada hal ini Bank DKI diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk positif penyaluran program PEN.

Sementara tersebut, Pemimpin Grup Kredit UKM Bank DKI, Wahyudi Dwi Irawan, mengantarkan bahwa program PEN yang ditempatkan di Bank DKI memiliki suku bunga terjangkau. “PEN ditempatkan pada bank itu dengan suku bunga kecil yang bisa diakses UKM. Saat ini PEN yang saya salurkan memiliki suku bunga tujuh persen. Saat ini kami pula mendapatkan amanah selama 6 bulan ini harus menyalurkan kepada UKM, ” ujar Wahyudi.

Wahyudi menjelaskan satu diantara syarat untuk bisa mengakses program PEN yakni para karakter usaha harus memiliki laporan keuangan yang nantinya akan dianalisis mencuaikan proses kurasi. “Umumnya, pelaku daya harus melengkapi laporan keuangan, untuk kemudian kami dapat melakukan penjabaran kuantitatif dalam hal kemampuan bayar lagi. Selain itu, omzet pelaku usaha ini juga kami harus ketahui. Bagi mereka yang ingin mengajukan pinjaman usaha ini, mampu melalui online ataupun offline secara mengunjungi kantor Bank DKI, ” jelas Wahyudi.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Sokongan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang bernas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Kamu, tersedia voucer gratis senilai pemberian yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
INDUSTRI PARIWISATA

gong9deng –>