KPK dan Itjen Kemendikbud tangkap lengah pejabat UNJ

Sumber: Petunjuk. com | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan Kepala Bagian Kepegawaian Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berinisial DAN pada Rabu (20/5) pukul 11. 00 WIB.  

“KPK bekerjasama dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa (Itjen  Kemendikbud) telah melakukan kesibukan tangkap tangan di Kementerian Pelajaran dan Kebudayaan, ” kata Deputi Bidang Penindakan KPK Karyoto di dalam keterangan tertulis, Kamis (21/5/2020) malam.  

Karyoto menjelaskan, penangkapan DAN bermula dari informasi yang KPK terima KPK dari Itjen Kemendikbud terkait dugaan pemberian sejumlah kekayaan dari rektor UNJ kepada penguasa di lingkungan Kemendikbud.  

Baca Juga:   KPK berangkat mendalami program Kartu Prakerja

Tim KPK bersama dengan Itjen Kemendikbud lalu menindaklanjuti informasi tersebut. “Kemudian diamankan DAN (Kabag Kepegawaian UNJ) beserta barang tanda berupa uang sebesar US$ satu. 200 (Rp 17, 6 juta) dan Rp 27, 5 juta, ” ujar Karyoto.  

Patuh Karyoto, kasus tersebut berawal lantaran permintaan rektor UNJ kepada dekan fakultas dan lembaga di UNJ untuk mengumpulkan uang masing-masing Rp 5 juta melalui DAN dalam Rabu (13/5).  

Uang itu rencananya diserahkan kepada Direktur Sumber Daya Ditjen Dikti Kemendikbud dan beberapa staf di Kemendikbud jadi tunjangan hari raya (THR).  

DONASI, Mampu Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan berguna.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
KPK

gong9deng –>