Libur panjang minggu ini, Jasa Dasar beri tips agar perjalanan tentu nyaman

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi adanya peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang membiarkan Jakarta pada periode libur lama cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 H.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Suku Dwimawan Heru menjelaskan prediksi puncak volume lalu lintas (lalin) buat arus mudik adalah pada keadaan Rabu tanggal 28 Oktober 2020 dan prediksi untuk puncak arus balik terjadi pada hari Minggu tanggal 1 November 2020.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Heru mengimbau pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan, agar menghindari perjalanan saat puncak volume lalin untuk ketenteraman dan kenyamanan pengguna jalan.

“Khusus pada layanan di tempat reses, Jasa Marga mengoptimalkan layanan dalam berbagai fasilitas yang tersedia secara penerapan physical distancing melalui pemisahan pengunjung dan kapasitas parkir maksimum 50%, sebagai pencegahan penyebaran Covid-19, ” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima kontan. co. id, Senin (26/10).

Jasa Marga serupa menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan serta bekerjasama dengan Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lin buka/tutup tempat istirahat saat berlaku antrean kendaraan.

Menyuarakan Juga: Rest wilayah KM 50A arah Cikampek serta rest area KM 52B pokok Jakarta ditutup sementara

“Kami mohon komitmen pengguna jalan untuk dapat disiplin protokol kesehatan dimanapun berada. Bawa jatah dari rumah dan pastikan BBM terisi penuh sebelum melakukan kunjungan. Jika harus mampir ke rest area untuk istirahat, kami menjemput untuk tetap menggunakan masker, membersihkan tangan dan jaga jarak, mengambil untuk take away makanan dibandingkan makan di tempat, membawa bahan ibadah pribadi dan tidak perlu berlama-lama di rest area, ” jelas Heru.

Sementara itu Operation and Maintenance Management Group Head Pertolongan Marga, Pratomo Bimawan Putra menambahkan volume lalin keluar Jakarta semasa empat hari periode libur Maulid Nabi (27 s. d 30 Oktober 2020) diprediksi naik kira-kira 21, 77% dibandingkan dengan lalin periode new normal.

Distribusi kebanyakan lalin meninggalkan Jakarta ke pedoman Timur menuju Jalan Tol Mabuk Jawa dan Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi sebesar 48, 17%. Sementara 28, 32% ke ajaran Barat menuju Banten/Merak dan 23, 51% ke arah Selatan dengan merupakan lalu lintas lokal menuju Bogor/Puncak/Ciawi, ” jelas Bima.

Bima juga menjelaskan bahwa angka perkiraan tersebut merupakan angka kumulatif lalin yang meninggalkan Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

DONASI, Dapat Voucer Percuma!
Dukungan Anda akan menambah watak kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menjawab Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
JALAN TOL

gong13deng –>