Menduduki pengumuman suku bunga BI

Reporter: Harian Kontan | Editor: Harris Hadinata

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Keadaan ini Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan tingkat suku bunga. Diprediksi, kali ini BI akan menyandarkan tingkat suku bunga sebesar 25-50 basis poin.  

Menurut persetujuan yang dihimpun dari Bloomberg , para ekonom membenarkan memprediksi BI akan menurunkan suku bunga jadi 4, 25%. Para ekonom menilai terbuka ruang untuk BI menurunkan suku bunga tahu kondisi makro ekonomi saat tersebut.

Saat ini inflasi Indonesia relatif rendah, yaitu 2, 19% YoY, 0, 09% YtD pada Mei 2020. Inflasi turun karena rendahya permintaan.  

Dengan penurunan suku bunga, diharapkan uang beredar pada masyarakat akan meningkat. Dengan serupa itu, daya beli bisa terangkat.

Selain itu, laju nilai tukar rupiah dalam jangka pendek relatif tetap. vHal ini bisa dilihat sebab penurunan rata-rata volatilitas rupiah.  

Indikasi one-month implied volatility turun menjadi 13% lebih baik dari kamar Maret yang sempat di 33%.

Pengaruh ke IHSG

Sampai pada penutupan perdaganan sesi pertama hari ini, IHSG berada di 4. 981, 5, turun tipis sebesar 0, 13%. Hari ini IHSG dipekirakan akan bergerak menguat menguji resistance 5. 000.  

Jika suku bunga BI diturunkan sesuai ekspektasi, hal itu menjadi katalis positif pagi IHSG karena ada potensi ekonomi bakal kembali bergerak.

Dengan penurunan suku bunga acuan, bunga deposito bank cenderung mengalami penurunan. Ini mewujudkan daya taraik menaruh dana dalam deposito akan berkurang. Terlebih teristimewa yield dividen emiten di pasar pangkal yang lebih besar dibanding yield deposito.  


–> Video Pilihan

–>

–>
SUKU BUNGA

–>

You May Also Like