Nilai emas anjlok dalam hingga 4%, kian jauh dari rekor tertinggi

Sumber: Reuters | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID –  Harga aurum anjlok dalam, hingga 4%, di Selasa (11/8), karena dollar Amerika Serikat (AS) semakin perkasa.  

Tambah lagi, ekspektasi kesepakatan provokasi AS meningkatkan selera risiko serta mendorong investor untuk mengambil makna dari pergerakan harga emas ke rekor tertinggi sepanjang masa.

Kehormatan emas spot jatuh 4, 2% menjadi US$ 1. 941, 71 per ons troi pada memukul 20. 11 WIB, semakin jauh dari rekor tertinggi yang tercipta minggu lalu di US$ dua. 072, 50 per ons troi.  

Sedang harga emas berjangka AS merosot 3, 5% ke posisi US$ 1. 969, 20 per ons troi.

“Penurunan itu (harga emas) tak terhindarkan, ” kata Analis StoneX Rhona O’Connell kepada Reuters  yang menambahkan, harga emas dengan teknikal sudah overbought untuk sementara waktu.

Menurut  O’Connell, harga aurum tidak naik lebih jauh sedang, meskipun peningkatan ketegangan geopolitik membuktikan banyak elemen pendukung untuk bullion.

Menambah tantangan emas, ekuitas global mencapai level tertinggi multi-bulan karena ekspektasi Kongres AS akan meluluskan kesepakatan stimulus besar-besaran.

Sementara cakap perdagangan yang menjulang meningkatkan tumpuan meredakan ketegangan antara AS & China.

Juga membebani emas, kehormatan produsen AS rebound lebih sejak yang diharapkan pada Juli.

Dollar AS juga mempertahankan kenaikan baru-baru ini, membuat emas kurang memikat bagi investor yang memegang timbil uang lain.

“Ada pertempuran sekarang, karena dari perspektif teknikal, pedagang jangka pendek sedang melihat golongan retracement mana yang bisa mengikuti bermain setelah breakout ke lapisan rekor, ” ujar Analis Saxo Bank Ole Hansen ke Reuters .

Sebagian tinggi analis masih mengharapkan lintasan positif untuk emas, dengan logam syahdu telah naik hampir 30% tahun ini, karena stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya dari bank sentral.

Dan, suku bunga mengarah nol mendorong investor beralih ke emas sebagai lindung nilai terhadap kemungkinan penurunan nilai mata uang dan inflasi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Kamu akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas & bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, ada voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
HARGA EMAS HARI INI

gong13deng –>