Pasal corona, rapat verifikasi piutang KSP Indosurya ditunda

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID porakporanda JAKARTA. Hakim Pengelola Pengadilan Niaga Jakarta Pusat membatalkan menunda proses verifikasi piutang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta pada Rabu (20/5).

Pengurus PKPU Indosurya Cipta Martin Patrick Nagel menjelaskan, penundaan ini karena mengingat kondisi pandemi corona (Covid-19). Situasi ini tidak memungkinkan banyak karakter berkumpul ketika rapat di mahkamah.

Terlebih, pengadilan juga menerapkan social distancing (pembatasan sosial) dan pembatasan baik berskala besar (PSBB) untuk mengantisipasi penyebaran corona. “Sesuai yang disampaikan Hakim Pengawas, karena banyaknya kreditor yang hadir dan saat ini sedang dalam masa PSBB. Oleh sebab itu kondisi ini tidak memungkinkan buat pelaksanaan rapat hari ini, ” kata Martin kepada Konta. co. id, Rabu (20/5).

Baca Juga: Rapat verifikasi piutang KSP Indosurya Membentuk digelar hari ini

Atas hal itu, rapat verifikasi piutang KSP Indosurya Membangun ditunda hingga 19 Juni 2020. Hal ini akan mempengaruhi waktu rapat lain seperti rapat rancangan pembahasan perdamaian, rapat pemungutan pandangan (voting) dan sidang pemusyawaratan molek hakim.

“Jadi, nanti kami minta Hakim Pengawas menentukan dan menyesuaikan jadwal lainnya. Baru kemudian kami menyampaikan kepada pihak-pihak terkait, ” ungkapnya.

Meski molor, Hakim Penilik tetap menetapkannya sebagai PKPU Sementara. Seperti diketahui, PKPU Sementara menjelma waktu yang diberikan pengadilan bagi debitur dan kreditor untuk berbicara.

Baca Juga: Setelah Indosurya, Sekarang Putaran Koperasi Pracico yang Bermasalah

Pada kesempatan berbeda, anggota tim kuasa hukum KSP Indosurya Cipta Hendra Widjaya mengecap, sejumlah pengurus KSP Indosurya turut menghadiri proses verifikasi piutang keadaan ini. “Karena ada itikad baik dari KSP Indosurya maka pemimpin hadir mulai dari ketua, carik, bendahara serta staf pengelola koperasi, ” ungkap Hendra.

Kuasa kaidah nasabah KSP Indosurya Adjie Wibisono berharap, ada itikad baik dibanding debitur untuk segera membayarkan kewajiban kepada kliennya. “Intinya, kalau ada itikad baik dari debitur. Meskipun panjangnya masa cicilan, saya tetap pengembalian akan sesuai jika disepakati. Ini akan membuat kewajiban para-para pihak bisa tetap berjalan cantik, ” tutupnya.

PEMBERIAN, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Kamu akan menambah semangat kami buat menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai petitih terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi dengan bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong15deng –>
KOPERASI

gong15deng –>