Pasar mobil SUV mewah tetap bagian di tengah pandemi, APM luncurkan varian baru

Pasar mobil SUV mewah tetap bagian di tengah pandemi, APM luncurkan varian baru

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Pasar mobil Sport Utility Vehicle (SUV) mewah masih tetap bagian, tak heran beberapa Agen Pemegang Merek (APM) mobil berupaya mengeluarkan beberapa varian baru di segmen tersebut.

Selain menyegarkan pilihan di pasar otomotif, segmen mobil premium dianggap cukup tahan banting selama pandemi.

Jongkie Sugiarto, Kepala I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan pasar SUV saat ini memang sedang nge-trend di dunia. Jadi tidak lupa untuk meluncurkan model-model baru, ” ujarnya kepada Kontan. co. id, Jumat (30/10).

Tapi harga dengan ditawarkan SUV mewah ini tergolong tinggi hingga Rp 2 miliar per unit. Oleh karena itu, kata Jongkie pasarnya di Nusantara memang tidak terlalu besar tetapi tidak sepi peminat. Apakah secara upaya peluncuran model baru tersebut adalah sinyal naiknya daya kulak, atau malah menandakan segmen mobil premium lebih tahan banting ketimbang segmen di bawahnya?

Jongkie mengiakan enggan berspekulasi, karena situasi rekan mobil nasional saat ini sedang jauh capaiannya dibandingkan tahun awut-awutan. “Saat ini semua segmen juga kena imbasnya pandemi, tidak tersedia yang terkecuali baik menengah ke bawah maupun premium, ” sebutnya.

Baca Juga: Harga mobil bekas Suzuki Ignis tahun muda sudah melimpah, mulai Rp 110 jutaan

Sementara itu Henry Tanoto, Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) menilai kalau secara umum perkembangan SUV pada market otomotif mulai menampakkan tren positif. Secara keseluruhan komposisi SUV terhadap pasar mobil nasional tarikh ini mencapai 20, 7% dimana pada tahun lalu hanya 18% saja, Henry menilai ada kenaikan.

Nah di dalam Segmen SUV ini juga ada 4×4, dengan biasanya diasosiasikan mobil bongsor garib memang tidak cukup besar dengan unit tetapi tetap memiliki pasarnya tersendiri. “Komposisi terhadap total suruhan SUV nya pun cukup menyusun dari 2, 5% di tarikh lalu menjadi 2, 9% tahun ini, ” kata Henry pada Kontan. co. id, Jumat (30/10).

Pasar ini cukup khusus dimana kebutuhan nya pun khusus, dalam nya kata Henry Toyota Land Cruiser saat ini menjadi penyumbang besar dengan market share sekitar 23, 4%. Asal tahu saja SUV Toyota tersebut sedang diperoleh dari impor dan dibanderol dengan harga kisaran Rp dua, 18 miliar per unit.

Baca Juga: Simak harga mobil baru melimpah mulai Rp 100 jutaan bagi Oktober 2020

Mengenai kemungkinan melakukan penyegaran, Henry hanya bilang pihaknya kedepan akan terus mengembangkan model tersebut menyesuaikan tren dan kebutuhan yang ada. “Karena memang kebutuhannya akan tetap ada walaupun khusus, ” ungkapnya.

Sebelumnya, BMW Indonesia dikabarkan telah meluncurkan SUV mewah yakni BMW X7. Sebagai pemain baru yang dibanderol Rp 2, 399 miliar (off the road), X7 digadang-gadang memiliki daya pikat tersendiri pertama bagi konsumen elit.

gong2deng –>

Editor: Noverius Laoli