Pengesahan omnibus law cipta kerja berpotensi menekan IHSG pada Rabu (7/10)

Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) nyaris menyentuh level 5. 000 pada penutupan perdagangan hari itu, Selasa (6/10). Mengutip data dibanding Bursa Efek Indonesia (BEI), IHSG akhirnya ditutup menguat 40, 45 poin atau menguat 0, 82% ke level 4. 999, 22.  

Sejak perdagangan sesi I, IHSG bergerak di zona muda dengan level tertinggi di 5. 023, 89 dan level terendah di 4. 992, 48. Adapun sebanyak 12, 35 miliar bagian diperdagangkan hari ini dengan jumlah perdagangan mencapai Rp 7, satu triliun. Sementara frekuensi perdagangannya mencapai 652. 972 kali.  

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama mengamati, pergerakan yang positif keadaan ini didorong oleh Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja yang disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam rapat paripurna kemarin Senin (5/10). Pengesahan ini menjadi sentimen positif bagi pasar karena investor cenderung menyukai kejelasan birokrasi.  

Sentimen positif dari beleid sapu jagat atau omnibus law tersebut cenderung mendominasi pasar dibandingkan hasil survei Bank Indonesia (BI) terkait Indeks Keyakinan Konsumen (IKK). Pokok tahu saja, hari ini BI merilis data IKK bulan September 2020 yang turun menjadi 83, 4. Padahal pada bulan Agustus 2020, IKK berada di angka 86, 9.

Menangkap Juga: UU Menjadikan Kerja disahkan, saham sektor barang apa yang layak lirik dalam jangka panjang?

Menurut Okie, pelemahan IKK ini telah tercermin dari pertumbuhan ekonomi pada kuartal III. Di sisi asing, konsensus memang sudah memproyeksikan adanya perlambatan di bulan September. Meskipun diakuinya, perlambatan yang terjadi ternyata lebih rendah dibandingkan dengan persetujuan.  

Kendati Omnibus Law Membuat Kerja menjadi sentimen pengerek IHSG hari ini, pelaku pasar sedang mencermati perkembangan  lebih lanjut. Pokok, situasi politik dalam negeri lulus panas karena kebijakan itu membuat gerakan buruh mogok kerja.  

“Harapannya, aksi tersebut tidak mendirikan kegaduhan dan menghambat produksi pada beberapa hari ke depan. Jadi upaya pemulihan ekonomi lewat efektivitas produksi dalam negeri dapat berlaku sesuai rencana, ” ungkap Okie kepada Kontan. co. id, Selasa (6/10).

Baca Juga: Rupiah masih punya peluang menguat pada Rabu (7/10)

Lebih lanjut Okie menjelaskan, produksi yang tertahan akan menjadi pertimbangan bagi investor. Apalagi, kondisi industri saat tersebut sudah tertekan pandemi Covid-19.

Adapun untuk perdagangan besok Rabu (7/10), Okie memperkirakan IHSG akan mengarah bergerak melemah terbatas di kisaran level 4. 960 hingga 5. 023.

Baca Selalu: IHSG menguat ke 4. 999 di akhir perdagangan Selasa (6/10), dua saham bank dibeli asing

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih arah perhatian Anda, tersedia voucer percuma senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
PROYEKSI IHSG

gong9deng –>