Pentagon: Pasukan nuklir AS siap hadapi semua musuh termasuk Korea Utara

Sumber: Yonhap | Editor: S i9000. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID –  WASHINGTON. Pentagon menyatakan, pasukan nuklir Amerika Serikat (AS) siap menghadapi serta mencegah  semua musuh termasuk Korea Utara. Pernyataan ini menyusul kebijakan Pyongyang yang menempatkan pasukan bersenjata strategis pada operasi siaga tinggi.

Drew Walter, Deputi Menteri Pertahanan AS untuk Urusan Nuklir, mengatakan, negeri uak Sam mengetahui ukuran cadangan nuklir Korea Utara lalu tidak sebesar milik negara-negara bersenjata nuklir lainnya.

“Departemen Pertahanan SINCE telah mengambil pandangan bahwa pasukan nuklir kami, sebagaimana adanya, siap dan kuat dan mencegah  semua musuh, apakah itu dari Rusia, China, Korea Utara yang berpotensi, atau Iran, ” katanya.

Baca Juga: Kim Jong Un muncul, pasukan bersenjata strategis Korea Utara siaga tinggi

“Saya tidak melihat kemampuan baru yg sangat istimewa dari Korea Utara dalam hal itu, ” ujar Walter dalam sebuah seminar digital yang digelar Institut Mitchell tuk Studi Aerospace, Selasa (26/5), contohnya dikutip kantor berita Yonhap .

“Kami memiliki gambaran yang cukup layak mengenai berkaitan yang bisa dihasilkan Korea Utara dalam kapasitas nuklir sejauh terkait, ” kata dia. “Mereka belum dalam skala seperti beberapa musuh potensial bersenjata nuklir kami yg lain”.

Sebelumnya, mengutip kantor berita Korean Central News Agency ( KCNA ), Yonhap melaporkan, Pemimpin Korea Utara Kim Jong El muncul menggelar pertemuan dengan sejumlah petinggi militer untuk membahas kebijakan baru guna meningkatkan pencegahan perang nuklir.  

Lihat Juga: Bisa jangkau AS, Rusia uji kapal selam tak berawak bersenjata nuklir

Kim Jong-un memimpin rapat bersama Komisi Militer Pusat dari Partai Buruh yang berkuasa di Korea Utara. Selain soal nuklir, rapat itu juga membahas langkah-langkah militer yang penting buat meningkatkan pasukan bersenjata Korea Utara secara keseluruhan.

“Yang ditetapkan dalam pertemuan itu adalah kebijakan baru untuk lebih meningkatkan pencegahan perang nuklir negara itu (Korea Utara) dan menempatkan pasukan bersenjata strategis pada operasi siaga tinggi, sepakat dengan persyaratan umum untuk pembangunan dan pengembangan angkatan bersenjata negara itu, ” kata KCNA, Minggu (24/5).

Namun, KCNA tak menjelaskan lebih lanjut tentang kebijakan baru yang akan Korea Utara terapkan terkait kemampuan nuklir mereka. “Dalam pertemuan tersebut juga diambil langkah-langkah penting tuk meningkatkan kemampuan serangan bersenjata dari tentara Korea Utara, ” sebut KCNA .

Baca Juga: Respons Rusia dan China, AS bakal uji coba nuklir pertama kali sejak 1992?


–> Video Pilihan

–>

–>
AMERIKA SERIKAT / AS

–>

You May Also Like