Pinjaman fintech sektor konsumtif diprediksi naik saat Ramadan

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA. Pinjaman fintech di sektor konsumtif pada bulan Ramadan diprediksi akan meningkat. Hal itu dikarenakan masyarakat banyak membeli kebutuhan dalam periode itu.

Salah satu pemain fintech yang memprediksi kemajuan tersebut ialah PT Artha Dana Teknologi atau dengan dikenal dengan Indodana. Fintech yang memberikan layanan paylater tersebut optimistis bakal berlaku pertumbuhan pinjaman selama Ramadan.

“Kita tahu biasanya dalam bulan Ramadan ini penyampaian akan meningkat dengan sendirinya, ” ujar Direktur Pati Indodana Ronny Wijaya pada Kontan. co. id

Di kuartal I-2021, Indodana sudah mencatatkan pertumbuhan dipadankan periode yang sama di tahun sebelumnya. Pertumbuhan pinjaman tersebut naik hingga 26, 8% menjadi Rp 289 miliar.

“Awal tahun naik karena perekonomian tiba menunjukkan pemulihan berkat lantaran adaptasi masyarakat dalam kondisi ini dan upaya healthcare yang baik, ” tambah Rony.

Dengan optimisme tersebut, Rony menyebutkan kalau Indodana telah mempersiapkan langkah-langkah tertentu seperti menggunakan metode teknologi AI. Dalam situasi ini, teknologi tersebut digunakan untuk menyesuaikan kondisi market agar bisa memberikan kesimpulan kredit yang sehat dan optimal.

“Dengan sejenis, kami bisa pede buat melayani peningkatan permintaan dalam bulan ini dengan karakter yang terjaga, ” nyata Rony.

Meskipun optimistis pinjaman bakal naik, Rony tidak menyebutkan target dengan khusus untuk penyaluran pinjaman di bulan Ramadan ini. Ia hanya berharap bisa berfokus lebih untuk mampu mengikuti dan melayani pengembangan tersebut dengan tanpa provokasi.

Sama halnya dengan Indodana, Pendanaan juga optimis masih bisa meningkatkan pinjaman di bulan ramadan itu. Fintech yang 95% penyaluran pinjamannya untuk sektor konsumtif ini mengaku masih terdampak dengan adanya pandemi covid-19.

“dibandingkan dengan kuartal I-2020, tentu ada kemerosotan untuk penyaluran pinjaman di awal tahun ini. Kita belum fully recover sebab dampak Pandemi, ” ungkap CEO Pendanaan Dino Martin 

Dino juga tak menyebutkan target secara istimewa di bulan ramadhan itu. Hanya saja, ia ingin berfokus pada pemberian repayment kepada pelanggan.

“Justru untuk lebaran ini, dengan penting itu repayment (pembayaran ulang) harus bisa bentuk.   Artinya, pelanggan mampu diberikan fasilitas untuk kesenangan melakukan repayment dengan jangka waktu yang diperpanjang, ” pungkas Dino.

INFAK, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menampilkan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menghiraukan Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.

–> Video Pilihan gong9deng –> gong9deng –>
FINTECH

gong9deng –>