Ruang obligasi menyentuh rekor tertinggi karena BI aktif beli SUN

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA.   Pasar obligasi mencatatkan peningkatan kinerja sempurna lebih dari lima tahun lalu saat ketidakpastian pasar keuangan ijmal masih menghantui.

Penguatan pasar obligasi tercermin dalam Indonesia Composite Bond Index (ICBI), Rabu (12/8) dengan menguat hingga ke level tertinggi di 294, 33. Itu berarti sejak awal tahun pasar obligasi sudah memberikan return 7, 46%.

Research Analyst Capital Asset Management Desmon Silitonga mengatakan, penguatan kinerja dalam pasar obligasi terdorong oleh Bank Indonesia (BI) yang terus menghunjam ke pasar obligasi dalam rancangan berbagi beban (burden sharing) BI dan pemerintah.

Membaca Juga: Naik satu, 5%, harga emas coba masuk kembali level US$ 2. 000

BI yang aktif masuk ke pasar obligasi terefleksi pada kepemilikan Surat Bernilai Negara (SBN) oleh BI meningkat  dari Rp 273, 21 triliun di awal tahun menjadi Rp 535, 95 triliun di 10 Agustus atau naik 96%.

Yield obligasi AS dan CDS ( credit default swap ) masih bergerak flat, penguatan kali ini memang karena BI yang aktif beli SBN, ” kata Desmon, Rabu (12/8).

Ezra Nazula, Penasihat & Chief Investment Officer, Fixed Income Manulife Aset Manajemen menambahkan skema burden sharing memberikan sentimen membangun ke pasar obligasi karena secara peningkatan defisit anggaran pemerintah sebagian besar diabsorbsi BI sehingga suplai obligasi pemerintah yang diterbitkan ke pasar masih dapat diterima oleh investor.

Baca Pula: Sukuk ijarah masih menarik untuk dilirik

DANA, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai peribahasa terimakasih atas perhatian Anda, ada voucer gratis senilai donasi dengan bisa digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.

–> Video Pilihan gong13deng –>
OBLIGASI

gong13deng –>