Sebulan naik drastis, saham-saham ini sedang menarik dikoleksi

Reporter: Kenia Permata | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Beberapa saham naik signifikan sepanjang bulan Agustus 2020. Menurut RTI Business, dari sepuluh saham yang menguat drastis itu empat diantaranya dialami oleh sektor perbankan.

Pengukuhan paling tinggi dicatatkan oleh PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) yang naik hingga 101, 04% menjadi Rp 965. Setelahnya disusul oleh PT Bank Rakyat Nusantara Agroniaga Tbk (AGRO) yang terkerek hingga 72, 73% menjadi Rp 380.

Saham perbankan lain yang bertumbuh sepanjang bulan Agustus tersebut adalah PT Bank Bukopin Tbk (BBKP), naik 58, 92% menjelma Rp 294. Tidak ketinggalan, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang menguat 17, 14% menjadi Rp 3. 690.

Baca Juga: Saham-saham ini paling diburu selama kamar Agustus 2020

Analis Sucor Sekuritas Indonesia Hendriko Gani menjelaskan, berbagai sentimen membangun mendorong kenaikan saham-saham tersebut. Untuk BRIS, kenaikan harga saham yang signifikan terdorong merger bank syariah dan melesatnya net profit di dalam sepanjang semester I 2020. Pada semester I ini BRIS mencantumkan kenaikan net profit hingga Rp 29, 6% year on year menjadi Rp 117, 2 miliar.

Sementara untuk AGRO, kenaikan makna saham masih terpengaruh aksi buyback yang diumumkan bulan lalu. Asal cakap saja, AGRO akan melaksanakan buyback saham mulai dari 3 Juli 2020 hingga 2 Oktober 2020. Anggaran yang disiapkan untuk gerak-gerik ini sebesar Rp 2, 5 miliar.

Untuk BBKP sentimen pengereknya adalah suntikan dana dari Kookmin. Adapun saham BBRI menguat gaya stimulus pemerintah yang akan menyerahkan keringanan kredit bagi UMKM.

Selain ke empat saham itu, saham-saham lain yang masuk dalam barisan sepuluh saham dengan kenaikan tertinggi selama sebulan terakhir ada PT Wismilak Inti Makmur Tbk (WIIM) naik 60, 48% menjadi Rp 398, PT Global Mediacom Tbk (BMTR) yang menguat 44, 86% menjadi Rp 310, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) naik 32, 68% menjadi Rp 605, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) naik 7, 06% menjadi Rp 3. 240.

Menyuarakan Juga: Intip saham-saham yang banyak dikoleksi asing pada sepekan

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) juga naik 21, 21% menjadi Rp 560. Kemudian disusul PT Bank Rayat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Indofood CBP Lulus Makmur Tbk (ICBP) juga terkerek masing-masing 17, 14% dan 14, 72% dalam sebulan terakhir, menuju harga Rp 3. 690 serta Rp 10. 325.

Hendriko menjelaskan, untuk saham BMTR sentimen pengereknya datang dari investor kawakan Lo Kheng Hong yang membeli saham-saham tersebut. Di sisi lain, sahamnya memang diperdagangkan di harga dengan cukup murah.

Sementara untuk SMBR, pembangunan tol Sumatera Selatan Bengkulu berpotensi meningkatkan revenue pada kuartal IV 2020. Di sisi asing, sentimen positif untuk KAEF sedang berkaitan dengan perkembangan vaksin yang dikembangkan oleh Indofarma.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah watak kami untuk menyajikan artikel-artikel dengan berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas mengindahkan Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong9deng –>
REKOMENDASI SAHAM

gong9deng –>