Sempat diejek Trump gara-gara masker, Joe Biden beri pesan menohok

Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID –  GRAND RAPIDS. Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat Joe Biden mengatakan hasil tes positif cortona dari Presiden Donald Trump membuktikan pentingnya menangani pandemi dengan khusyuk. Ia juga menegaskan bahwa menggunakan masker lebih penting daripada menjadi pria yang terlihat tangguh.

Pernyataan Biden saat dia berkampanye dalam Michigan beberapa jam setelah dites negatif dua kali untuk virus tersebut, menjadi kritik tersirat terhadap presiden Republik. Trump telah melecehkan tingkat kematian akibat virus corona selama berbulan-bulan dan sering menghindari memakai masker dan telah mendatangkan kampanye yang dihadiri ribuan orang nyaris tanpa melakukan jarak baik.

Gedung Putih mengatakan Trump dipindahkan ke kamar khusus di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed di Bethesda, Maryland, selama kurang hari ke depan sebagai tindakan pencegahan.

Baca Serupa: Trump positif Covid-19, ini tanggapan Kim Jong Un

Sementara pada Grand Rapids, Biden mengatakan dia dan istrinya, Jill Biden, berharap agar Trump dan ibu negara, Melania Trump, sembuh dengan lekas. Dia menyampaikan seluruh pidatonya sambil mengenakan topeng medis biru, yang berbeda dari kejadian sebelumnya dalam mana dia biasanya melepas masker sebelum berbicara.

“Ini bukan perkara politik. Ini adalah pengingat dengan kuat bagi kita semua bahwa kita harus menangani virus itu dengan serius. virus ini tak akan hilang secara otomatis, ” katanya.

Biden mendesak semua karakter Amerika untuk mengikuti pedoman keilmuan, termasuk memakai masker, sering membasuh tangan, dan menjaga jarak sejauh 1, 83 meter.

Pejabat kesehatan, termasuk kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Robert Redfield, mengutarakan masker adalah alat penting untuk memperlambat penyebaran virus. “Bersikaplah nasionalistis. Ini bukan tentang menjadi adam yang tangguh. Ini tentang melangsungkan bagianmu, ” ungkapnya.

Baca Juga: Dirawat di rumah sakit karena terkena corona, Trump masih sempat main twitter

Selama debat presiden yang kacau balau hari Selasa lalu, Trump mengejek Biden karena mengenakan masker di acara-acaranya, bahkan ketika dia jauh dari orang lain.

Diagnosis Trump kemungkinan akan memperkuat pesan Biden tentang respons presiden yang urung terhadap penyakit tersebut, yang sudah menewaskan lebih dari 207. 000 orang di Amerika Serikat & merongrong argumen Trump bahwa simpulan pandemi sudah di depan mata.  

Jajak pendapat menunjukkan para-para pemilih lebih memercayai Biden daripada Trump untuk menangani pandemi. “Sulit untuk mengatakan ‘virus ini terkendali’ ketika Anda menjadi korbannya, ” kata ahli strategi Demokrat Chris Kofinis.   “Jika kita berbicara tentang pandemi selama empat minggu ke depan, Donald Trump kecundang, ” katanya.

 

 


–> Video Pilihan gong9deng –>
AMERIKA SERIKAT / AS

gong9deng –>