Waduh, pemakaian listrik lebih kecil akan tetapi tagihan pelanggan masih melonjak had 40%

Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Pratama Guitarra

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Pelanggan listrik PT PLN (Persero) kembali menggeruduk media sosial hak perusahaan setrum pelat merah tersebut. Pelanggan mengeluhkan adanya kenaikan tagihan pada bulan Juli 2020 tersebut. Padahal pemakaian kilo watt hour (KwH) yang digunakan lebih kecil ketimbang bulan Juni kemarin.

Adapun rata-rata tagihan pelanggan yang melonjak bertukar 30% sampai dengan 40%. Lengah satunya dari akun twitter @opadoang. Dia meminta penjelasan kepada akun twitter resmi milik PLN yakni @pln_123.

Dalam mana pada bulan Juli tersebut pemakaian kWh listrik dalam meterannya hanya 200 kWh. Namun, ia harus membayar tagihan sebesar Rp 367. 114. Hal itu bertambah besar ketimbang tagihan yang dibayar pada bulan Juni lalu mencapai Rp 268. 292 di mana penggunaan listrik pada Juni tersebut mencapai 289 kWh.

Baca Juga: Ini lah 5 cara mengakes token listrik gratis PLN dan subsidi listrik bulan Juli

“Mimin @pln-123 yang termulia. Tolong dijelaskan bagaimana tagihan saya naik padahal penggunaan turun dari yang sebelumnya, ” terang akun @opadoang, dalam Kamis (2/7).

 

 

Selain itu akun @nanoen_06 juga merasai hal yang sama. Di mana pada bulan Juli ini dia harus membayar tagihan senilai Rp 367. 789 dengan penggunaan meteran listrik hanya 208 kWh. Tengah pada Juni lalu dengan penerapan meteran listrik mencapai 373 kWH ia hanya membayar Rp 284. 988.

“Ini bisa dijelaskan @pln-123 penggunaan kWh lebih kecil akan tetapi tagihannya lebih besar dari kamar lalu, ” terangnya.

 

Tetapi, sampai berita ini diturunkan pihak dari PLN belum menjawab pertanyaan Kontan. co. id.

Seperti diketahui, pada bulan Juni lalu, pelanggan juga mengalami lonjakan tagihan. Oleh karena itu PLN memberikan kemudahan dengan skema cicilan selama 3 bulan.

Sehingga, belum diketahui, apakah lonjakan tagihan yang terjadi pada bulan Juli ini, merupakan bunga cicilan dari tagihan yang harus dibayar pada bulan Juni awut-awutan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih untuk perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong16deng –>
PLN

gong16deng –>