Yield US Treasury mulai stabil, rupiah diperkirakan bergerak sideways Senin (22/3)

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID –  JAKARTA . Rupiah diperkirakan akan bergerak secara sideways pada perdagangan Senin (22/3). Pergerakan yield US Treasury yang mulai stabil jadi salah satu penyebabnya.

Ekonom Samuel Sekuritas,   Ahmad Mikail, menyebutkan, kenaikan yield US Treasury hingga ke level 1, 7% sudah tergolong overshoot . Oleh karena itu, ia melihat pergerakan yield US Treasury akan mulai kembali stabil.

“Dengan stabilnya yield US Treasury , tekanan capital outflow sudah tidak akan besar lagi. Selain itu, kemungkinan besar harga komoditas akan kembali naik lagi sehingga rupiah bisa diuntungkan dengan kondisi ini, ” terang Ahmad kepada Kontan. co. id, Jumat (19/3).

Lebih lanjut, pada esok hari Ahmad juga menyebut akan ada rilis data inflasi AS untuk Februari. Saat ini, konsensus memperkirakan akan berada di kisaran 1, 7%. Ia bilang, jika hasilnya inline dengan proyeksi tersebut, yield US Treasury bisa bergerak turun dan berpotensi menjadi katalis positif untuk rupiah.

Baca Juga: Menguat di akhir pekan lalu, begini proyeksi rupiah pada Senin (22/3)

Dengan kondisi tersebut, Ahmad memperkirakan rupiah pada perdagangan Senin akan berada di kisaran Rp 14. 350 – Rp 14. 400 per dolar AS.

Adapun, pada perdagangan Jumat (19/3), rupiah di pasar spot berhasil ditutup menguat tipis 0, 02% ke level Rp 14. 408 per dolar AS. Namun, jika dihitung dalam sepekan, rupiah di pasar spot masih mencatatkan pelemahan sebesar 0, 16%.

Sementara di kurs tengah Bank Indonesia (BI), mata uang Garuda ini ditutup di level Rp 14. 476 per dolar AS atau melemah 0, 44%. Sehingga membuat dalam sepekan terakhir, rupiah sudah mengalami pelemahan sebesar 0, 73%.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

–> Video Pilihan gong11deng –> gong11deng –>
PREDIKSI RUPIAH

gong11deng –>